Powered by Blogger.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Perkuliahan Propen UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

UNDANG-UNDANG
SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Menurut UU system pendidikan nasional Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Permasalahan Sistem Pendidikan di Indonesia
1. Penerapan ujian nasional
2. Pemerataan kualitas pendidikan
3. Sarana dan prasarana pendidikan




a) Standar input
b) Instrument input:
- Pendidik dan tenaga kependidikan
- Kurikulum
- Sarana dan prasarana
- Pembiayaan/financial
- Buku
c) Environment input
Meliputi:
 Geografis
 Demografis
 Social-budaya
 Ekonomi
 Poitik

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
1. Standar Isi
2. Standar Kompetensi Lulusan
3. SKP-Tenaga Kependidikan
4. Standar sarana dan Prasarana
5. Standar penilaian
6. Standar pembiayaan
7. Standar pengelolaan
8. Standar proses

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Perkuliahan Propen MANAJEMEN MUTU BERBASIS SEKOLAH

MANAJEMEN MUTU BERBASIS SEKOLAH
Latar Belakang:
1. Pendidikan menghadapi masyarakat yang berubah,
2. Perubahan sosial-politik dan aspirasi masyarakat,
3. Perubahan pemerintah, dan
4. Undang-undang Sisdiknas.

Manajemen Mutu Berbasis Sekolah memiliki pengertian yaitu, bentuk otonomi manajemen pendidikan, kewenangan ada pada kepala sekolah atau madrasah dan guru dibantu oleh komite sekolah atau madrasah dalam mengelola kegiatan pendidikan.

Tujuan:
• Mencapai mutu dan relevansi dengan tolak ukur pada hasil (output dan outcome),
• Menjamin keadilan layanan pendidikan bagi setiap anak,
• Meningkatkan efektifitas dan efisiensi,dan
• Meningkatkan akuntabilitas sekolah dan komitmen (stake-holders).

Elemen-elemen Pokok MBS/S
Pemberian kewenangan kepala sekolah / madrasah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan pendidikan di sekolah / madrasah yuang bersangkutan.

Konsep Mutu MMBS/M
1. Absolut
2. Srandar
3. Kepuasan pelanggan / pengguna jasa pendidikan

Elemen Penting MMT (Manajemen Mutu Total) sebagai bagian dari strategi MMBS:
a. Konsep mutu
b. Peningkatan mutu secar berkelanjutan
c. Kepuasan pengguna jasa pendidikan
d. Ada visi dan misi.
e. akuntabilitas kepada semua stakeholder

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Perkuliahan Propen 02-03-2010

02-03-2010
KONSEP DASAR PROFESI KEPENDIDIKAN

 Profesional
- Setiap orang yang dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan dapat memuaskan orang lain
- Melakukan sesuatu sebagai pekerjaan pokok dan bukan sekedar mengisi waktu luang.
- Pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh sesorang dan menjadi sumber penghasilan.
- Merujuk pada suatu pekerjaan yang dilakukan oleh pelaku atas dasar suatu janji publik dan sumpah bahwa mereka akan menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

 Profesionalisme
Merupakan sikap dari seorang profesional, sebuah pandangan untuk selalu berfikir, bersikap, bekerja dengan sungguh-sungguh, kerja keras, sepenuh waktu, loyalitas tinggi, dan penuh dedikasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

 Profesor
Merupakan pangkat akademik dari bagi seorang dosen yang telah memiliki cum 900-1000, untuk suatu bidang ilmu tertentu dan SK-nya dikeluarkan oleh presiden.

 Profesi
Merujuk pada suatu pekerjaan yang dilakukan oleh peaku atas dasar suatu janji public dan sumpah bahwa mereka akan menjalankan tugas sebagaimana mestinya.
Ciri-ciri profesi:
1. Melaksanakan pekerjaan secara purna waktu
2. Didasarkan panggilan hidup, terikat norma dan aturan.
3. Memiliki derajat otonomi tinngi.
4. Melakukan pengembangan diri.

 Jabatan Profesi
1. Melibatkan kegiatan intelektual.
2. Menjanjikan karier permanen bagi pemegangnya.
3. Didhului persiapan yang lama (melalui pendidikan formal).
4. Memiliki standar baku tersendiri.
5. Mementingkan layanan pada mesyarakat.
6. Memiliki organisasi profesi.
7. Menekuni suatu ilmu tertentu.
8. Melakukan pelatihan jabatan.

 Tenaga Kependidikan
Orang yang berkiprah dalam dunia pendidikan.
- Anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.
- Bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, penguasaan, dan pelayanan teknik untuk menunjang proses pendidikan.
Tenaga Kependidikan
Meliputi:
1. Pendidik
2. Pengelola suatu pendidikan
3. Pemilik atau pengawas
4. Peneliti dan pengembang di bidang pendidikan
5. Pustakawan, dll

 Pendidik
• Tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilaihasil pembelajaran, danm melakukan pembimbingan.
• Tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagi guru, dosen, konselor, pamong, instruktur, fasilitator, widyaiswara, dan sebutan lainnya.

 Kode Etik Profesi
Kode Etik merupakan norma-norma yang harus ditaati. Tujuan kode etik yaitu:
a. Menjaga dan memelihara,
b. Menjunjung tinggi martabat profesi,
c. Meningkatkan haega diri (kehormatan) suatu organisasi profesi,
d. Meningkatkan pengabdian para anggota perofesi, dan
e. Kesejahteraan para anggota.

 Sasaran Sikap Profesional
1. Organisasi Profesi
2. Teman sejawat
3. Anak didik
4. Peraturan perundang-undangan
5. Tempat kerja
6. Pemimpin
7. Pekerjaan

 Pengembangan Sikap Keprofesionalan, meliputi:
1. Pra Jabatan,
2. Selama Jabatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Perkuliahan Propen TUNTUTAN TERHADAP “KOMPETENSI SDM”

TUNTUTAN TERHADAP “KOMPETENSI SDM”
a) Pengetahuan atau wawasan global
Meliputi:
- Konseptual yang integrated dan adaptif.
- Orientasi pada solusi
- Nilai-nulai universal (lintas budaya).
b) Keterampilan Global
Meliputi:
- Komunikasi multi budaya
- Pemanfaatan teknologi informasi
- Pengembangan intelektual, emotional, dan adversity skill.
c) Sikap/ Perilaku
- Dinamis dan Fleksibel
- Inisiatif dan Proaktif
- Inovatif dan Kreatif
- Mandiri dan Survive

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Perkuliahan Propen TREND MASA KINI DAN KE MASA DEPAN

TREND MASA KINI DAN KE MASA DEPAN

Trend= kecenderungan

1. Kompetitif
Karena adanya kesejangan antara surpay dan demain.
Untuk dapat memenangkan suatu kompetisi diperlukan:
 Usaha, tanpa ada usaha maka dia adalah pemimpi
 Kemampuan
 Strategi = cara untuk melaksanakn
 Etika = tidak berlaku curang

2. Transparan
Terlihat dengan jelas

3. Spesialis
Ahli dalam bidangnya.
Spesialis ini adalah yang paing dibutuhkan oleh masyarakat secara umum.

4. Profesional
Apa yang dimiliki akan dimanfaatkan dengan baik.
Memiliki ciri-ciri:
• Bisa memberikan kepuasan,
• Menghabiskan sebagian besar waktu untuk pekerjaannya.
• Berlatih/belajar melebihi kapasitas waktu yang diberikan,dan
• Bisa memperoleh penghasilan dari apa yang dilakukan.
5. Dinamis
Ada perubahan
• Inventing (menemukan)
Biasanya keluar dari aturan untuk menemukan hal-hal baru.
• Eksperiment (percobaan)
• Growing = tumbuh, berani mengambi resiko
6. Adaptif
Orang yang akan maju adalah orang yang bisa beradaptasi tetapi tidak kehilangan identitas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

WELCOME TO MY WEB

SEMOGA BERMANFAAT...!!!