Powered by Blogger.

Guru Kunci Utama Pendidikan Bermutu



Sabtu, 22 Mei 2010 - 10:36 wib
JAKARTA - Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Kementerian Pendidikan Nasional Baedhowi mengatakan, kunci utama pendidikan yang bermutu dan keberhasilan pembelajaran ada pada guru.




Reformasi pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah diharapkan bisa meningkatkan mutu guru. Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru agar profesional.
”Jangan dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura. Di sana jumlah warganya sedikit sehingga beban kerja guru tidak terlalu besar,” ujar Baedhowi di Jakarta kemarin.

Dia meminta para guru tidak resah atas penghapusan Direktorat Jenderal PMPTK dan khawatir sertifikasi serta tunjangan profesi guru terhenti. Menurut Baedhowi, kedua hal tersebut merupakan amanat undang-undang. ”Pasti tetap diberikan,” tandasnya.

Adanya permasalahan saat ini disebabkan belum siapnya pemerintah daerah menerima kucuran dana tersebut.

Sementara itu, Coordinator of Indonesia Human Development Unit and Lead Education Specialist of East Asia and Pacific Regional World Bank, Mae Chu Chang, mengatakan, manajemen guru yang efektif juga sangat penting dari sudut keuangan. Menurut dia, manajemen dan penyebaran guru yang tidak efisien dapat memberi tekanan kepada anggaran pendidikan. (hermansah/koran si)
(//rhs)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment

WELCOME TO MY WEB

SEMOGA BERMANFAAT...!!!